1. Apa yang di maksud dengan Pemasaran?
Pemasaran
adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan
baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan
kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran
merupakan salah satu kegiatan perusahaan, di mana secara langsung
berhubungan dengan konsumen. Maka kegiatan pemasaran dapat diartikan
sebagai kegiatan manusia yang berlangsung dalam kaitannya dengan pasar.
Sumber : Blog Skripsi Manajemen
2. Mengapa Pemasaran sering disebut juga sebagai Permintaan?
Menurut sumber yang saya baca, Pemasaran itu sangat erat kaitannya dengan Permintaan.
Karena Pemasaran itu adalah kegiatan penjualan kepada konsumen.
Pada
perusahaan, barang yang akan diserahkan ke konsumen adalah tugas dari
Manajemen Pemasaran, apabila barang yang dijual ke konsumen bermanfaat
bagi konsumen Pemasaran harus terampil melihat peluang untuk memanjakan
konsumen dengan melihat situasi dan terjun ke lapangan, jika barang
terus dibutuhkan maka Permintaan terhadap akan terus berlanjut.
3. Jelaskan perbedaan Kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti Pemasaran, serta contohnya!
Kebutuhan
adalah Konsep dasar yang melandasi pemasaran adalah kebutuhan manusia.
Kebutuhan manusia adalah pernyataan dari rasa kehilangan, dan manusia
mempunyai banyak kebutuhan yang kompleks. Kebutuhan manusia yang
kompleks tersebut karena bukan hanya fisik (makanan, pakaian, perumahan
dll), tetapi juga rasa aman, aktualisasi diri, sosialisasi, penghargaan,
kepemilikan. Semua kebutuhan berasal dari masyarakat konsumen, bila
tidak puas konsumen akan mencari produk atau jasa yang dapat memuaskan
kebutuhan tersebut.
Contoh :
- Setiap manusia memerlukan makan untuk bertahan hidup
- Seseorang membutuhkan cinta, kasih dan sayang dari orang terdekatnya
Keinginan
adalah Bentuk kebutuhan manusia yang dihasilkan oleh budaza dan
kepribadian individual dinamakan keinginan. Keinginan digambarkan dalam
bentuk obyek yang akan memuaskan kebutuhan mereka atau keinginan adalah
hasrat akan penawar kebutuhan yang spesifik. Masyarakat yang semakin
berkembang, keinginannya juga semakin luas, tetapi ada keterbatasan
dana, waktu, tenaga dan ruang, sehingga dibutuhkan perusahaan yang bisa
memuaskan keinginan sekaligus memenuhi kebutuhan manusia dengan menenbus
keterbatasan tersebut, paling tidak meminimalisasi keterbatasan sumber
daya.
Contoh :
- manusia butuh makan, tetapi keinginan untuk memuaskan lapar tersebut tergantung dari budayanya dan lingkungan tumbuhnya.
- Orang Yogya akan memenuhi kebutuhan makannya dengan gudeg, orang Jepang akan memuaskan keinginannya dengan makanan sukayaki dll.
Sumber : Pemasaran Keuangan Blogspot
Tidak ada komentar:
Posting Komentar